Tuesday, September 10, 2019

Apa itu JavaScript


Sejarah JavaScript



JavaScript pertama kali di kenalkan oleh Netscape pada tahun 1995, yang bertujuan untuk mengatasi validasi input dengan meninggalkan Bahasa server-side sebagai Bahasa perl. Pada awalnya Bahasa ini dinamakan “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Bahasa ini banyak dikritik karna kurang aman, pengembangan yang terkesan terburu – buru dan tidak adanya pesan kesalahan setiap kita melakukan kesalahan saat menyusun suatu progam. Kemudian seiring giat nya kerjasama Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrogaman “JAVA”) pada masa itu, maka netscape memberi nama “JavaScript” kepada bahasa pemrogaman tersebut pada tanggal 4 desember 1995. Pada saat yang bersamaan Microsoft sendiri mencoba mengadaptasi teknologi ini yang mereka sebut “Jscript” di browser internet explorer 3.

Pada tahun 1997 JavaScript dimasukan ke European computer manufactures association (ECMA) sebagai proposal. Technical Committee #39 (TC39) yang bertugas untuk menstandarisasi syntax dan semantic dengan tujuan umum, cross-platform, bahasa script vendor-neutral, dan di buat progamdari NetScape, Sun, Microsoft dan Borland. TC39 kemudian mengeluarkan ECMA-262 sebagai standar untuk mendefinisikan bahasa script dengan nama ECMAScript.

International Organization for Standarfization dan International Electrotechnical Commision(ISO/IEC) juga mengadopsi ECMAScript sebagai standar (ISO/IEC – 16262). Sejak saat itu web browser mencoba berbagai tingkatan sukses dan gagal untuk menggunakan ECMAScript sebagai dasar untuk implementasi JavaScript.

No comments:

Post a Comment

Cara mendapatkan uang dari snack video