Wednesday, April 20, 2016

Pengertian CMS dan Macam-Macamnya

Pengertian CMS dan Macam-Macamnya
 
   CMS kepanjangan dari Content Management System. CMS merupakan sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload,edit,menambahkan,dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.
Sehingga dengan adanya CMS ini, orang awam pun dapat membuat sebuah website yang langsung jadi dan pengguna tinggal mengelola isi konten website tersebut tanpa campur tangan dari pihak webmaster.
Di dalam CMS, manajemen file-file juga sangat terstruktur, setiap elemen antara isi dan tampilan desain terpisah.
Fleksibilas sebuah CMS, membuat CMS ini banyak dikembangkan oleh pihak-pihak lain, apalagi jika CMS yang memiliki kemajuan sangat pesat dan terus mengalami perubahan atau update sistem secara berkala. Hal ini lah yang membuat banyak developer-developer memilih mengembangkan aplikasi CMS ini daripada membuat sebuah aplikasi web yang baru.
CMS dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis website seperti :
  • Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
  • Portal
  • Galeri foto
  • Aplikasi E-Commerce / Toko Online
  • Mengelola website pribadi / blog.
  • Dan lain-lain.
CMS saat ini berkembang pesat, banyak sekali macam-macam CMS. Dalam dunia blogging, CMS adalah salah satu andalan untuk membangun sebuah blog, yang mana notabene blogger tidak semuanya mengerti akan membuat website dari nol, tetapi hanya tahu cara menulis dan posting. Oleh karena itulah, kehadiran CMS ini sangat bermanfaat sekali.
Berikut adalah beberapa macam CMS yang paling sering digunakan orang, dan sebenarnya masih banyak lagi CMS-CMS yang bertebaran di internet.
1. CMS Wordpress
CMS Wordpress
Tentu bagi kalian yang sudah lalu lalang di dunia web dan blog tidak asing lagi dengan CMS ini, namun untuk informasi bagi yang belum tahu, CMS Wordpress ini adalah sebuah CMS yang sebenarnya dikategorikan ke dalam CMS jenis Blog. Meskipun di khususnya untuk blog, namun kenyataannya banyak sekali developer-developer yang menggunakan CMS ini untuk membuat sebuah website baik itu company profile, hingga toko online. Karena CMS Wordpress ini selain User Friendly, juga memiliki fitur dan layanan yang banyak, selain itu dukungan komunitas juga sudah menyebar luas. Selengkapnya tentang CMS Wordpress bisa dilihat di postingan saya di "CMS Wordpress".
2. CMS Joomla
CMS Joomla
CMS Joomla juga banyak yang menggunakannya. Mayoritas CMS Joomla digunakan untuk membuat sebuah website baik itu company profile, personal, website sekolah, hingga toko online. Karena CMS Joomla ini memang dikhususnya untuk membangun website yang powerfull. Meskipun CMS Wordpress juga powerfull, tetapi CMS Joomla lebih komplek dari CMS Wordpress dan sistem manajemennya yang sedikit rumit dari CMS Wordpress. Untuk informasi lengkap tentang CMS Joomla bisa dilihat di postingan saya di "CMS Joomla"
3. CMS Drupal
CMS Drupal
Dengan Drupal Anda dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website-dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Desain Drupal memang tidak sebagus Joomla!, tapi sangat mudah untuk di-customize. Drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search-engine friendly URL, dan agregator berita.
4. Aura CMS
Aura CMS
Ini adalah salah satu CMS hasil buatan anak indonesia. Namun, CMS ini masih banyak mempunyai kekurangan dibandingkan CMS-CMS seperti di atas, tetapi jika anda mampu mengembangkan CMS ini, alhasil CMS ini akan setara dengan CMS-CMS yang sudah populer saat ini. Selengkapnya tentang Aura CMS di sini.
5. CMS Opencart
CMS Opencart
CMS OpenCart adalah CMS khusus untuk membuat sebuah Toko Online. CMS ini juga banyak dipakai baik bagi kalangan personal maupun developer yang ingin membangun sebuah toko online. CMS Opencart ini sudah bisa dibilang lengkap, karena memang CMS ini dikhususkan untuk E-Commerce. Beda dengan CMS-CMS diatas. Kekurangan CMS Opencart adalah dari sisi SEO, tetapi untuk manajemen kontennya CMS ini bisa dibilang mudah. Selengkapnya tentang CMS Opencart bisa dilihat di sini.
6. CMS Prestashop
CMS Prestashop
CMS Prestashop juga sama dengan CMS Opencart, kedua CMS ini sama-sama dikhususkan untuk membuat sebuah toko online dengan mudah. Selengkapnya tentang CMS Prestashop bisa dibaca di sini.
7. CMS Moodle
CMS Moodle
Mungkin ada sudah pernah mendengar dan ada yang belum. Yaps, CMS ini memang agak asing, karena umumnya yang memakai CMS ini adalah sebuah instansi sekolah. CMS Moodle adalah sebuah CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi E-Learning. Dalam CMS Moodle ini sudah terdiri fitur-fitur E-Learning yang sangat lengkap, mulai dari online test, forum, dll. Manajemen CMS ini agak sedikit rumit, dan harus diperlukan pemahaman tentang cara menggunakannya. Selengkapnya tentang CMS Moodle bisa dibaca di sini.
Sebenarnya masih banyak CMS-CMS lain selain di atas, namun saya hanya menyebutkan beberapa CMS yang paling banyak digunakan orang. Untuk CMS lain silahkan cari di internet dan lain waktu saya akan memberikan informasi nya lebih lanjut. 
sumber ; http://www.virmansyah.info

Tuesday, April 12, 2016

Perintah-perintah Dasar Mikrotik RouterOS

Perintah-perintah Dasar Mikrotik RouterOS 
Bagi anda yang baru belajar menggunakan Mikrotik pasti masih bingung dengan perintah (command line) yang digunakan pada RouterOS. Padahal banyak perintah-perintah dasar Mikrotik yang penting dan wajib diketahui agar anda dapat menggunakan Mikrotik RouterOS dengan baik. Sebenarnya perintah–perintah dasar MikroTik RouterOS tidak jauh berbeda dengan perintah dasar pada linux umumnya. Karena sebetulnya mikrotik ini merupakan perkembangan dari kernel linux Debian.  

http://zero--007.blogspot.com/2016/04/perintah-perintah-dasar-mikrotik.html


Perintah shell Mikrotik RouterOS sama dengan linux, seperti penghematan perintah, cukup menggunakan tombol TAB di keyboard maka perintah yang panjang, tidak perlu lagi diketikkan, hanya ketikkan awal nama perintahnya, nanti secara otomatis Shell akan menampilkan sendiri perintah yang berkenaan. Misalnya perintah IP ADDRESS di mikrotik. Cukup hanya mengetikkan IP ADD spasi tekan tombol TAB, maka otomatis shell akan mengenali dan menterjemahkan sebagai perintah IP ADDRESS.

Berikut ini merupakan perintah perintah dasar Mikrotik yang umum digunakan :

1. Perintah untuk shutdown dan restart computer , ketikkan :
[admin@MikroTik]>system shutdown  (Untuk shutdown komputer )
[admin@MikroTik]>system reboot       (Untuk restart computer )
[admin@MikroTik]>system reset   (Untuk meret konfigurasi yang sudah dibuat sebelumnya). Dan perlu diperhatikan bahwa perintah – perintah tersebut harus dilakukan pada direktori admin.
2. Perintah untuk merubah nama mesin Mikrotik , ketikkan :
[admin@MikroTik]>/system identity
[admin@MikroTik]>system identity > set name=yota
Untuk melihat hasil konfigurasi , ketikkan “print” atau  “pr”
Contok [admin@MikroTik]system indentity>pr name:”yota”
Lalu console berubah menjadi [admin@yota]
 jelasnya lihat gambar 1.1
 gambar 1.1
3. Perintah merubah password mesin MikroTik , ketikkan
[admin@yota]>/ password
[admin@yota]password>old password (jika sebelumnya anda belum mengeset password maka ketikkan kosong)
[admin@yota]password>new password :……(ketikkan password yang baru)
[admin@yota]password>retype new password: ……..(masukkan sekali lagi passowrdnya)

Sebagai contoh :
Jika  password lama kosong dan password baru "apegendadi", maka perintahnya adalah sebagai berikut :
[admin@proxy]>/password
[admin@proxy]password>old password
[admin@proxy]password>new password apegendadi
[admin@proxy]password>retype new password apegendadi
jelasnya lihat gambar 1.2
gambar 1.2
4. Perintah untuk melihat kondisi interface pada Mikrotik Router :
[admin@yota] > interface print
Flags: X – disabled, D – dynamic, R – running
#    NAME                         TYPE             RX-RATE    TX-RATE    MTU
0  R ether1                        ether            0          0          1600
1  R ether2                       ether            0          0          1200
[admin@yota]>
Jika interfacenya ada tanda X (disabled) setelah nomor (0,1), maka periksa lagi
etherned cardnya, seharusnya R (running).
a. Mengganti nama interface
    [admin@yota] > interface(enter)
b. Untuk mengganti nama Interface ether1 menjadi Public (atau tersenamanya),maka:      
    [admin@yota] interface> set 0 name=Public
c. Begitu juga untuk ether2, misalkan namanya diganti menjadi Local, maka
    [admin@yota] interface> set 1 name=Local
d. atau langsung saja dari posisi root direktori, memakai tanda “/”, tanpa tanda kutip
    [admin@yota] > /interface set 0 name=Public
e. Cek lagi apakah nama interface sudah diganti.
    [admin@yota] > /interface print
    Flags: X – disabled, D – dynamic, R – running
   #    NAME                         TYPE             RX-RATE    TX-RATE    MTU
   0  R Local                        ether            0          0          1600
   1  R Public                       ether            0          0          1200
5. Perintah untuk melihat paket sofwtware MikroTik OS :
[admin@yota]>/system package
[admin@yota]system package>
Dengan perintah diatas maka akan tampil paket softwore yang ada dalam MikroTik Os Contoh :
[admin@MikroTik  system package> pr
Flags : x – disabled
 #       Name
0   X routing – test
1   dhcp
2   radiolan
3   user-menejer
4   X webproxy-test
5   arlan
6   isdn
7   hotspot-fix
8   ppp
9   wireless
10  web-proxy
11  hotspot
12  advanced-tools
13  security
14  Telephony
15  routing
16  synchronous
17  system
18  routerboard
19  rstp-bridge-test
20  X wireless-legecy
VERSION
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
2.1.29
3.1.29
3.1.29
3.1.29
3.1.29
3.1.29
SCHEDULED
     Untuk  melihat lebih detailnya, ketikan :
     [admin@yota]system package > pr detail fl           gs : x – disabled
0         x name=”routing-test” version=”2.9.27” build – time =jul/03/2006 10:57:53 scheduled
1         name =”system”version =”2.9.27” build – time=jul/03/2006 10 :56:37 schedule
2         name =”system”version =”2.9.27” build – time=jul/03/2006 10 :56: 44  schedule
3         name=”web-proxy” version=”2.9.27” build-time=jul/03/2006 10:`58 :03 schedule
4         name=”advanced –tools” version=”2.9.27” build –time=jul /03/2006 10:56 : 41 scheduled=””
5         name=”dhcp” version=”2.9.27” build-time=jul/03/2006 10:56:45 scheduled=””
6         name =”hotspot”version=”2.9.27”build-time=jul/03/2006 10:56:58 scheduled=””
7         x name=”webproxy-test” version=”2.9.27” build-time=jul / 03 /2006 10:57:52 scheduled
8         name=”routerboard” version =”2.9.27” build-time=jul / 03 / 2006 10: 57 : 17 –[q quit  ׀ D dump ׀ up ׀ down ]
6. Perintah untuk mengupgrade paket software router :
[admin@yota] system upgade>
To upgrade chosen packages :
Download 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14
7. Perintah mengaktifkan paket software yang ada dalam MikroTik OS :
    [admin@yota]system page>
     Enable
Contoh :
[admin@yota] system package> enable dhcp
8. Perintah merubah nama ethernet pada mesin MikroTik OS:
[admin@yota]>/interface
[admin@yota]interface>ethernet set etherl nama=public
Atau dengan menggunakan perintah
[admin@yota]interface>set<ketikan number ethernet yang terpasang>
 name=  
yang baru >
contoh :
[admin@yota]interface> set 0 name=public
[admin@yota]interface>set 1 name=lan
Atau
[admin@yota]interface>
set 0 name=public; set 1 name=lan

9. Perintah setting IP address pada mesin MikroTik OS :
[admin@yota]> ip address
[admin@yota]ip address>
Add interface=anddress=
(ketikkan IP address/subnet mask interface)
Contoh :
Jika nama interfacenya “lan” dan IP address yang dikehendaki : 192.168.01 dan subnet mask : 255.255.255.0, maka perintahnya  sebagai berikut
[admin@yota]>/ ip address
[admin@yota]ip address >
Add interface=lan address = 192.168.0.1/24

10. Perintah setting IP DNS primaty dan Secondary :
[admin@yota]./ip dns
[admin@yota]ip dns>
Set nama-dns>=
Contoh :
Jika IP DNS primary ISP : 202.134.1.10 dan secondary:
202.134.0.0155, maka perintahnya adalah sebagai berikut :
[admin@yota]./ip dns
[admin@yota]ip dns>
Set primary-dns= 202.134.1.10
[admin@yota]ip dns>
Set secondary-dns=202.134.0.155

11. Perintah setting IP Gateway pada mesin MikroTik OS
[admin@yota]>/ip route
[admin@yota]ip route >add gateway=
Contoh IP gateway  dari ISP : 202.134.1.1, maka perintahnya :
[admin@yota]>/ ip route
[admin@yota] ip route>
add  gateway=202.134.1.1
12. Perintah Network address Translate (NAT) pada mesin MikroTik OS
[admin@yota]>/ip firewall nat
[admin@yota]ip firewall nat>
add  chain=srcnat out-interface=
dengan jaringan WAN> scr-address=
LAN> action=masqurade

Contoh :
jika network-id interface LAN :”192.168.0.0” dan subnet
Mask :”255.255.255.0”. untuk interface mesin MikroTik OS yang terhubung ke jaringan
WAN : “pubilk”, maka perintahnya sebagai berikut :
[admin@yota] >/ip firewall nat
[admin@yota[ ip firewall nat>
Add chain=srcnat out-interface=public
Scr-address=192.168.0.0/24 action=masquerade
Sekian Terimakasih 
~007~

Belajar Mengambar

Saya mengumpulkan beberapa informasi dari beberapa sumber untuk menemukan dan mengembangkan gaya gambarmu, beberapa dari point yang saya tulis dibawah adalah jawaban dari Artist professional yang berhasil saya interogasi dan bersedia memberikan jawaban.
Tentukan kamu ingin gambar apa
cara menemukan gaya gambar sendiri
Source: 123rf.com
Menentukan bidangmu sendiri adalah hal yang paling dasar untuk berhasil mengembangkan gaya gambarmu, tentukan kamu ingin menjadi spesialis Karakter manusia, hewan, karakter fantasi atau makhluk-makhluk seram? Lalu tentukan lagi kamu ingin membawakan karyamu dengan gaya realistic, semi realistic, 3D, Manga style atau bergaya komik amerika?
Kamu bisa menggambar idola atau karakter anime favoritmu sebagai latihan menemukan gaya gambar, tapi jangan mencontek mentah-mentah dari referensi yang kamu punya. Kenapa kamu ga boleh mengcopy mentah-mentah gambar referensi itu? Alasannya adalah mengapa kamu membuka artikel ini, untuk menemukan gaya gambarmu sendiri bukan?
Latihan yang sangat cocok adalah menggambar karakter kartun bergaya amerika kedalam style-mu sendiri, sebagai contoh saya lebih berminat ke anime bergaya semi realistic lalu saya mencari foto idola saya atau mencari referensi gambar kartun amerika lalu saya gambar ulang menggunakan gaya gambar saya sendiri. Nah cara menemukan gaya gambar sendiri itu gimana? Gambar saja dan biarkan dia mengalir.
Pelajari anatomi
belajar anatomi tubuh untuk menggambar
Source: kimsuyeong81.deviantart.com
Mempelajari anatomi termasuk hal yang paling mendasar bagi kalian yang baru saja terjun ke dunia menggambar. Dan pelajari juga perspektif untuk membuat karyamu lebih mengagumkan. Kita sangat mudah menjumpai karya yang anatominya terlihat buruk dari forum-forum menggambar, kenapa demikian? Karna mereka melupakan hal yang mendasar yaitu Anatomi, proporsi, dan juga perspektif. Bagaimana untuk memulai belajar anatomi tubuh manusia? Silahkan cari referensi sebanyak mungkin dari Google atau buku yang membahas tentang anatomi. Latihan yang paling efektif untuk menguasai anatomi adalah menggambar dari objek nyata.
Perhatikan karya Artist favoritmu
Cobalah untuk memperhatikan karya Artist favoritmu lebih seksama dan pikirkan mengapa karya mereka bisa membuat kita terkagum? Apa yang special dari karya mereka? Nah! Jika kalian sudah menemukan jawabannya, catat baik-baik alasan itu dan jadikan sebagai misi utamamu untuk membuat orang lain memiliki perasaan dan alasan yang sama mengapa mereka menyukai karya-karya mu.
Bertanya
cara menemukan gaya gambar sendiri 2
Setiap Artist memiliki cara tersendiri untuk menemukan dan mengembangkan gaya gambarnya. Kalo kamu sudah bergabung ke komunitas menggambar, cobalah sesekali upload karyamu disana dan tanyakan apa pendapat mereka tentang karyamu dan apakah ada hal special di karyamu tersebut. Dan juga kamu bisa menanyakan Artist favorit mu bagaimana cara mereka menemukan gaya gambar mereka dan metode latihan mereka, lalu lakukan seperti apa yang mereka katakan.
Latihan membuatmu bisa
cara menemukan gaya gambar sendiri 5
Saya termotivasi oleh Artist favorit saya yang pernah mengatakan “Practice makes perfect”, ya pernyataan ini sangatlah benar. Mereka yang bisa berawal dari yang yang tidak bisa, mereka yang tidak bisa mencoba untuk menjadi bisa. Metode latihannya adalah doodling, cobalah menggambar karakter tanpa referensi dan buat gambarmu unik. Doodling di saat waktu kosong adalah latihan yang efektif untuk menemukan gaya gambarmu sendiri.
Ciptakan karakter orisinil-mu
cara menemukan gaya gambar sendiri 3
Setelah menguasai poin poin diatas, kamu sekarang berada di level yang baru. Buatlah karakter orisinil buatanmu tanpa meniru karakter yang sudah ada. Untuk latihan-nya kamu bisa mencoba menggabungkan aksesoris dari karakter yang sudah ada, misalkan kamu membuat wajah karakter yang sangat orisinil dan kamu kebingungan untuk masalah baju dan aksesorisnya nah untuk latihan awal kamu bisa menggabungkan aksesoris dari karakter yang sudah ada seperti gelang tangan dari karya A oleh artist A, ikat rambut dari karya B oleh artist B, baju dari karya C oleh Artist C dan seterusnya. Tapi alangkah baiknya untuk membuat semuanya orisinil tanpa mencontek dari yang sudah ada.
Teruslah berlatih
cara menemukan gaya gambar sendiri 4
Jika kamu sudah menemukan style gambarmu, yang harus kamu lakukan sekarang hanyalah berlatih dan berlatih. Berlatih dengan intensif sehingga saat kita menggambar suatu karakter kita sudah terbiasa dan klop dengan style gambar yang kita miliki.

Monday, April 11, 2016

Cara Mempercepat Download di Terminal Menggunakan AXEL

Cara Mempercepat Download di Terminal Menggunakan AXEL 

https://www.facebook.com/yota.hermansyah.3?ref=br_rs

Cara Download Cepat di Terminal Menggunakan Axel Download Manager di Ubuntu dan Linux Mint. AXEL adalah sebuah download accelerator yang berfungsi untuk mempercepat download di Linux yang merupakan sebuah program untuk download file dari protokol FTP atau HTTP melalui beberapa koneksi, dimana setiap koneks mendownload bagian atau jatah file yang didownloadnya.

Tidak seperti kebanyakan program lain, Axel men-download semua data langsung ke file tujuan dengan menggunakan satu thread tunggal sehingga menghemat waktu di akhir karena program tidak harus menggabungkan bagian download lagi.

Cara Install AXEL di Ubuntu dan Linux Mint

AXEL secara default sudah masuk ke dalam repository Ubuntu yang juga dipakai sebagai reposity Linux Mint. Sehingga anda dapat menginstal AXEL melalui Terminal dengan mengetikkan : 

sudo apt-get install axel



Adapun untuk menjalankan AXEL atau mendownload file dengan AXEL anda dapat mengetikkan perintah di Terminal misalkan URL atau alamat file yang akan anda download adalah ;

http://sharelagu.info/music/down/10726564/1994228/ZDk3Zmk2TE9NUm54Nk1EbENubDYzZHJxZkQrUEZ3cTdyMHpwTHFvNjAvb3EvK2Z4K1E=/Erie+Suzan+-+Muara+Kasih+Bunda.mp3

maka ketikkan perintah di Terminal sebagai berikut :

axel http://sharelagu.info/music/down/10726564/1994228/ZDk3Zmk2TE9NUm54Nk1EbENubDYzZHJxZkQrUEZ3cTdyMHpwTHFvNjAvb3EvK2Z4K1E=/Erie+Suzan+-+Muara+Kasih+Bunda.mp3

Wednesday, April 6, 2016

Identifier, Tipe Data, Variabel Dan Operator

Identifier, Tipe Data, Variabel Dan Operator

https://www.facebook.com/yota.hermansyah.3?ref=br_rs


Pengertian Dan Contohnya :

1. Identifier

Identifier adalah suatu nama yang diciptakan oleh program untuk memberikan nama pada variabel, fungsi, dan class.
Aturan penamaan indentifier berlaku sebagi berikut:

  •  Dimulai dengan huruf atau underscore (_)
  •  Karakter berikutnya dapat berupa huruf, angka, atau underscore (_)
  •  Bersifat case sensitive, kecuali fungsi yang telah tersedia pada PHP yang bersifat case insensitive
  •  Tidak boleh menggunakan tanda baca


2. Tipe Data

Dalam bahasa pemrograman yang lain, ada bermacam-macam tipe data, misalnya integer (bilangan bulat), float (bilangan pecahan), char (karakter angka dan huruf), string (kumpulan huruf atau kata), dan berbagai tipe lainnta.
PHP mengenal dua tipe data sederhana, numerik dan literal. Ditambah dengan tipe data yang tidak sederhana, yaitu arrat dan tipe numerik dapat menyimpan bilangan bulat. PHP mampu menyimpan bilangan bulat dengan jangkauan dari -2 milliar sampai +2miliyar, contoh bilangan bulat: 3,7,20.

Selain itu, tipe numerik juga digunakan untuk menyimpan bilangan pecahan Tipe literal digunakan untuk menyimpan data berupa kumpulan huruf, kata, dan angka.Tipe boolean, yang dikenal dalam bahasa program yang lainnya, tidak adadalam PHP.

Untuk menguji benar salah (true false), kita menggunakan tipe data yang tersedia. FALSE dapat digantikan oleh integer 0, double 0.0 atau string kosong, yaitu "". Selain nilai itu, semua dianggap TRUE.

Variabel dapat digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data. Misalnya data numerik yang dapat dioperasikan secara matematika. Contoh :

$jumlahBarang = 3;
$harga = 1000;
$pembayaran = $jumlahBarang * $harga;


pada contoh di atas, variabel pembayaran akan menyimpan nilai 3000. Sedangkan data non numerik (disebut juga data literal) tidak dapat dioperasikan secara matematika.
Contoh :
$namaDepan ="Yota";
$namaBelakang="Hermasyah";
$nama = $namaDepan + $namaBelakang;
variabel nama akan menyimpan gabungan dari dua variabel, yaitu
“Yota Hermansyah”.

Secara umum, data literal ditandai dengan pasangan “ dan “. Data numerik tidak dikelilingi oleh “ dan “. Tetapi biasanya PHP akan secara otomatis mengubah tipe data sesuai kebutuhan. Contoh :

$namaSekolah = “Smk 17 Agustus”;
$noSekolah =45 ;
$blok = 4c;
$jumlahMurid = 1900;
$alamat = $namaSekolah + $noSekolah;
$hasil = $noSekolah + $jumlahMurid;
$hasilAneh = $blok + $noSekolah;


Pada sampel kode di atas, variabel alamat akan menyimpan nilai Smk 17 Agustus 45. PHP secara otomatis mengubah tipe data variabel noSekolah (numerik) menjadi literal. Variabel alamat akan bertipe literal. Variabel hasil akan menyimpan nilai 1945, yaitu penjumlahan dari 45 dan 1900.

Perhatikan, konversi otomatis ini kadang berjalan secara tidak semestinya. Ini dapat dilihat dari variabel hasilAneh yang akan menyimpan nilai 49. PHP mengambil nilai numerik dari variabel blok, yaitu 4, kemudian menambahkannya dengan isi variabel noSekolah. Hasil akhirnya adalah 4 + 45, yaitu 49.

3. Variable

Variabel digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara. Data yang disimpan dalam variabel akan hilang setelah program selesai dieksekusi. Untuk penyimpanan data yang permanen, kita dapat menyimpan data di database atau di disk. Silahkan mengacu pada Akses Database untuk mendalami penggunaan database, dan Akses File dan Folder untuk penyimpanan data di filesystem.
Variabel di PHP diawali dengan tanda $.Untuk dapat menggunakan variabel, ada dua langkah yang harus dilakukan, Deklarasi dan variabel.
a. Deklarasi Variabel.
Deklarasi variabel bisa disebut juga memperkenalkan atau mendaftarkan variabel ke dalam program. Dalam php, deklarasi variabel seringkali digabung dengan inisialisasi. Variabel dalam PHP dinyatakan dengan awalan $.
Contoh :
$Nama
$Alamat
$nis

Ada beberapa aturan yang diikuti berkenaan dengan penggunaan nama variabel. Aturan pemberian nama variabel :
• Dimulai dengan tanda $
• Karakter pertama harus huruf atau garis bawah 'underscore' ( _ )
• Karakter berikutnya boleh huruf, angka, atau garis bawah.

b. Inisialisasi Variabel
 
Inisialisasi variabel adalah mengisi nilai untuk pertama kalinya ke dalam variabel. Contoh inisialisasi :
$nama = “Yota”;
$tangal_lahir = "17-05-1999";
$nis = "9980564038";
$Alamat = “Sempu, banyuwangi, jawa timur”;


Dalam PHP setiap nama variable diawali tanda dollar ($). Misalnya nama variable a dalam PHP ditulis dengan $a. Jenis suatu variable ditentukan pada saat jalannya program dan tergantung pada konteks yang digunakan.

File contoh1.php:

$a=”5”;
$b=”2”;
$hasil=$a+$b;
echo($hasil);
?>
jika di tampilkan pada browser maka hasilnya
adalah 7.

4. Operator

Operator digunakan untuk memanipulasi nilai suatu variabel. Variabel yang nilainya dimodifikasi oleh operator disebut operand. Contoh penggunaan operator misalnya 13 - 3. 13 dan 3 adalah operand. Tanda "-" disebut operator.
a. Arithmetic Operator
Arithmetic Operator digunakan untuk melakukan perhitungan matematika. Misalnya
$a = "5 + 3";
Operator "+" berfungsi untuk menambahkan kedua operand (5 dan 3).
Ada beberapa arithmetic operator, yaitu :
  •  +    : penjumlahan
  •  -      : pengurangan
  •  *     : perkalian
  •  /      : pembagian
  • %     : nilai sisa pembagian

Contoh :
print("Penjumlahan dan Pengurangan :
");
print("6 + 1 = %d
\n",6 + 1);
printf("6 - 1 = %d
\n",6 - 1);

print("
Perkalian :
\n");
printf("10 * 2 = %d
\n",10 * 2);
printf("25 + 3 = %d
\n",25 + 3);

print("
Pembagian:
\n");
printf("100 / 4 = %d
\n",100 / 4);
printf("25 / 5 = %d
\n",25 / 5);

print("
Modulo :
");
print("6 % 5 ="); print(6 % 5); print("
");
print("6 % 3 ="); print(6 % 3);
//printf("6 % 3 = %d
\n",6 % 1);
?>

b. Assignment Operator

Assignment operator digunakan untuk memberi/mengisi nilai ke dalam variabel tertentu.
Contoh :
$bil = 100;
print("Isi Variabel bil = $bil
\n");

$bil += 2;
print("Isi Variabel bil = $bil
\n");

$bil += 2;
print("Isi Variabel bil = $bil
\n");

$bil += 2;
print("Isi Variabel bil = $bil
\n");

$bil += 2;
print("Isi Variabel bil = $bil
\n");
?>


c. Comparison Operator

Relational operator digunakan untuk membandingkan nilai dari dua operand. Hasil perbandingan dinyatakan dalam nilai boolean. TRUE berarti benar, dan FALSE berarti salah.
a. == : memeriksa apakah operand kanan bernilai sama dengan operand kiri
b. > : memeriksa apakah operand kiri bernilai lebih besar daripada operand kanan
c. < : memeriksa apakah operand kiri bernilai lebih kecil dengan operand kanan
d. >= : memeriksa apakah operand kiri bernilai lebih besar atau sama dengan operand kanan
e. <= : memeriksa apakah operand kiri bernilai lebih kecil atau sama dengan operand kanan
f. != : memeriksa apakah operand kanan tidak bernilai sama dengan operand kiri.

Contoh :
$a = 1;
$b = 2;
$c = 1;
$s1 = "halo";
$s2 = "HALO";


printf("$a > $b -> %d
\n", $a > $b);
printf("$b > $a -> %d
\n", $b > $a);
printf("$a < $b -> %d
\n", $a < $b);
printf("$a == $c -> %d
\n", $a == $c);
printf("$a == $b -> %d
\n", $a == $b);
printf("$a != $c -> %d
\n", $a != $c);
printf("$a <> $b -> %d
\n", $a <> $b);
?>


d. Logical Operator

Logical Operator digunakan untuk membandingkan dua nilai variabel yang bertipe boolean. Hasil yang didapat dari penggunaan logical operator adalah boolean.
Contoh :
$kar = 'a';
printf("$kar adalah huruf kapital : %d
\n",$kar >= 'A' and $kar <="Z");
printf("$kar adalah huruf kecil : %d
\n",$kar >= 'a' and $kar <="z");
printf("$kar adalah huruf angka : %d
\n",$kar >= '0' and $kar <="9");
?> 

Arti Namaku



apa arti nama anda

YOTA HERMANSYAH
YYakin
OOportunis
TTulus
AAmanah
HHarum
EEmosional
RRamah
MMesra
AAlim
NNaif
SSuci
YYakin
AAbadi
HHarum
Apa arti nama anda?

Monday, April 4, 2016

Kode Warna




Kode Warna


Klik Warna Di Bawah